Cara format Harddisk lewat CMD (Command Prompt)


Sebagai pengguna komputer, kita kerap menghadapi masalah pada perangkat harddisk baik itu harddisk internal maupun harddisk eksternal. Untuk mengatasi masalah pada perangkat harddisk salah satunya adalah melalui langkah format. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk melakukan prosedur format terhadap media penyimpanan tersebut. Proses format harddisk dapat dilakukan melalui perintah di layar Windows ataupun melalui cara format harddisk lewat CMD (command prompt) yang berbasis DOS.  Pada kesempatan ini akan kami sampaikan tutorial cara melakukan proses format pada harddisk internal maupun harddisk eksternal lewat jendela CMD (command prompt).

Tips Cara Format Harddisk Melalui Jendela CMD

Berikut ini adalah cara format harddisk lewat CMD (command prompt) berbasis DOS untuk perangkat harddisk internal. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Periksalah terlebih dahulu pada layar windows explorer Anda, untuk melihat kondisi drive local disk Anda. Biasanya, drive C adalah area untuk local disk utama atau harddisk internal.
  2. Pastikan lebih dahulu bahwa sudah tidak ada lagi data penting tersimpan di drive C. Bila masih ada, maka pindahkanlah data-data penting tersebut ke medai penyimpanan eksternal lain seperti flashdisk dan sejenisnya.
  3. Serelah semua data dipastikan aman, kini mulailah untuk membuka command prompt Administrator. Cara membuka jendela command prompt adalah sebagai berikut :
    1. Pilih dan klik tombol Start menu, lalu ketik CMD.
    2. Saat muncul ikon CMD di layar hasil pencarian Windows, pilihlah Run As Administrator.
    3. Maka jendela CMD (command prompt) akan terbuka.
  4. Setelah jendela CMD (command prompt) terbuka, lakukanlah langkah berikut. Ketiklah dengan formulasi sebegai berikut :

format c: /q

q disini berarti quick format, yaitu cara format dengan proses yang cepat. Proses ini akan membersihkan seluruh isi disk yang diformat dan mengembalikannya ke kondisi awal. Yang harus diperhatikan adalah, berhati-hatilah saat memastikan area drive yang akan di format.

  1. Saat muncul pertanyaan tentang kesiapan perangkat untuk diformat, yaitu ‘and press enter when ready’, tekanlah tombol enter.
  2. Setelah itu ketiklah Volume Label harddisk. Volume Label adalah nama yang akan disandang oleh harddisk sebagai identitasnya setelah proses format.
  3. Setelah ini maka proses format berjalan. Tunggulah beberapa saat sampai langkah format berakhir. Maka setelah ini prosedur format harddisk internal melalui command prompt telah selesai dilakukan.

Selanjutnya adalah cara format harddisk eksternal lewat DOS prompt. Langkah-langkah yang dilakukan sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara diatas. Mari simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan harddisk ekstenal yang akan di format. Jangan lupa untuk kembali memastikan data yanga da telah di back-up dengan aman.
  2. Dalam keadaan komputer menyala di sistem Windows, pasanglah harddisk pada perangkat komputer.
  3. Biarkan harddisk terdeteksi, dan cek dimanakah lokasi drive aktif harddisk tersebut.
  4. Setelah lokasi drive harddisk dapat dipastikan, segeralah buka command prompt Administrator.
  5. Setelah jendela CMD (command prompt) terbuka, lakukanlah langkah berikut. Ketiklah dengan formulasi sebegai berikut :

format (drive harddisk): /q

  1. Jika misalkan drive harddisk adalah drive f, maka cara pengetikannya adalah :

Format f: /q 

  1. Saat muncul pertanyaan tentang kesiapan perangkat untuk diformat, yaitu ‘and press enter when ready’, tekanlah tombol enter. Dan langkah selanjutnya akan sama dengan proses format pada harddisk internal.

Demikianlah beberapa langkah cara format harddisk lewat CMD (command prompt) berbasis DOS untuk harddisk internal dan eksternal. Semoga panduan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Deskripsi : Langkah-langkah melakukan prosedur format pada harddisk melalui jendela CMD (command prompt) berbasis DOS.