Cara Memulai Bisnis Jasa Pengiriman Barang (Logistik)


 Luasnya pulau di Indonesia membuat bisnis jasa pengiriman barang menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Meskipun sudah banyak penyedia jasa kirim mengirim barang namun peluang usaha yang satu ini masih sangat terbuka lebar. Ada beberapa cara memulai bisnis jasa pengiriman barang, hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang baru saja ingin memulai usaha tersebut.

Cara memulai bisnis jasa pengiriman barang khusus untuk logistik

1 ) Tentukan daerah mana saja yang menjadi tujuan dari pengiriman barang

 

cara-memulai-bisnis-jasa-pengiriman-barang-1

Cara memulai bisnis jasa pengiriman barang atau logistik yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu daerah tujuan dari jasa pengiriman di perusahaan Anda. Sebagai permulaan daerah yang dituju cukup daerah atau kota-kota besar saja atau hanya di pulau yang sama di tempat Anda tinggal. Hal ini dilakukan sebagai tahap awal atau tahap percobaan, jika responnya baik tidak ada salahnya untuk menambah daerah tujuan. Tetapi Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa jasa pengiriman lokal untuk menjangkau daerah-daerah yang jauh dari pusat kota. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut, sebaiknya bernegosiasi terlebih dahulu dengan jasa pengiriman lokal yang bersangkutan mengenai harga dan  bagaimana proses pengirimannya kelak.

2 ) Merancang biaya operasional

cara-memulai-bisnis-jasa-pengiriman-barang-2

Setelah Anda menentukan daerah tujuan pengiriman, cara memulai bisnis jasa pengiriman barang yang kedua adalah merancang biaya operasional. Anda bisa memulainya dengan merancang seluruh biaya operasional baik itu biaya parkir, perawatan kendaraan, sewa toko/tempat, asuransi pengiriman (jika ada), serta biaya-biaya lain. Dengan adanya rancangan tersebut, Anda bisa mengira-ngira berapa biaya pengiriman yang Anda tanggungkan kepada pemakai jasa Anda kelak. Hal ini penting agar pemasukan yang nantinya diperoleh mampu menutup semua biaya operasional yang Anda keluarkan. Bagi Anda yang tidak mampu membeli kendaraan untuk mengantarkan barang di kota tujuan, Anda bisa menyewa beberapa unit kendaraan untuk mempercepat proses pengiriman.

3 ) Membuat SOP internal dan eksternal perusahaan

cara-memulai-bisnis-jasa-pengiriman-barang-3

SOP internal serta SOP eksternal perusahaan menjadi hal yang penting sebagai panduan yang harus dibuat. SOP baik itu SOP internal maupun SOP eksternal biasanya berisi beberapa peraturan perusahaan yang mengenai proses pelaksanaan, estimasi pengiriman barang, peraturan untuk klaim barang, serta aturan-aturan lain yang berkaitan dengan jalannya perusahaan.

4 ) Membuat izin operasi resmi

cara-memulai-bisnis-jasa-pengiriman-barang-4

Cara membuat bisnis jasa pengiriman barang yang keempat adalah membuat izin resmi dari perusahaan. Izin tersebut berupa izin dari menteri perhubungan, izin usaha, izin operasional, TDP, SIUP, NPWP, serta izin lainnya. Memiliki izin ini penting agar usaha yang dibangun resmi di mata pemerintah sehingga bisa terhindar dari sanksi atas tindakan ilegal yang dilakukan.

5 ) Membuat berbagai sarana promosi perusahaan

Cara kelima dalam membangun usaha pengiriman barang adalah membuat promosi perusahaan. Tidak hanya itu, Anda juga harus merancang logo perusahaan mengingat logo akan dipajang di semua media promosi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat website yang berisi profil perusahaan, detail pengiriman, baik itu cek ongkos kirim dan juga cek resi. Untuk media promosinya sendiri Anda bisa menggunakan iklan, spanduk, pamflet, atau banner.

Kelima cara memulai bisnis jasa pengiriman barang seperti di atas adalah cara yang cukup ampuh saat Anda ingin menjajal bisnis tersebut. Semua cara-cara di atas harus Anda lakukan jika Anda menginginkan bisnis legal dengan cara yang baik.