Definisi Serta Perbedaan CCTV AHD dan Analog


Perbedaan CCTV AHD dan Analog – CCTV dibuat dari generasi ke generasi yang terus berkembang untuk menghasilkan kualitas gambar dan fitur pendukung lainnya. Itulah mengapa perlu diketahui jenis CCTV dan kelebihannya masing-masing. Ada dua jenis kamera CCTV saat ini yang populer dikalangan beberapa perusaahaan yaitu CCTV AHD dan CCTV Analog. Dari kamera tersebut memiliki sisi kurang dan lebihnya karena CCTV analog merupakan generasi pertama dalam CCTV.
Beberapa pengembang kamera CCTV banyak yang membuat fitur menarik dari generasi yang baru yaitu menambahkan ketajaman gambar sampai akses kontrol yang semakin mudah. Berikut ini akan menjelaskan kepada Anda tentang definisi dan kelebihan dari CCTV tersebut.

Kamera CCTV Analog

perbedaan cctv ahd dan analog 1

Pada CCTV analog memang dibuat sebagai generasi pertama dari CCTV yang memiliki resolusi standar antara 380 TVL, 420 TVL, 540 TVL, 600 TVL, dan 700 TVL. Dari resolusi te
rsebut sudah cukup menghasilkan gambar yang cukup jelas dan sudah mendukung infrared yang mampu melihat obyek pada kondisi yang gelap. Kamera ini mendukung perangkat tambahan seperti DVR yang memungkinkan langsung melihat layar monitor dari gambar yang ditangkap oleh CCTV. Beberapa perusahaan masih memakai teknologi CCTV ini karena memungkinkan untuk Monitoring dari televisi tabung.

Kamera CCTV AHD

perbedaan cctv ahd dan analog 2Pada kamera CCTV AHD atau Analog High Definition ini memungkinkan tangkap gambar lebih jernih dan memiliki resolusi yang lebih besar. Hal ini dipengaruhi karena CCTV AHD merupakan pengembangan dari model-model CCTV sebelumnya. Pada kamera ini sudah mendukung resolusi sampai 720p (1280 x 720) atau setara dengan resolusi 1 MP. Pada kamera ini memungkinkan penyimpanan pada media server dan Monitoring pada perangkat yang lebih canggih lagi. Harganya memang berkisar lebih mahal jika dibandingkan dengan CCTV analog biasa karena dukungan berbagai fitur baru yang lebih berguna.

Perbedaan CCTV AHD dan Analog

perbedaan cctv ahd dan analog 3

Terlihat jelas berbeda dari kedua perangkat tersebut walau memiliki tujuan yang sama yaitu Monitoring dan perekaman gambar. Perbedaannya pada tingkat teknologi dan hasil gambar yang berkualitas. Pada CCTV AHD memiliki hasil yang lebih baik karena dukungannya yang semakin tinggi tetapi memiliki kekurangan dari cara setting yang membutuhkan keahlian khusus. Masing-masing perangkatnya nanti akan mendapatkan alamat IP yang akan disetting sehingga ketika ingin mengakses salah satu dari CCTV tersebut harus memasukkan IP Addressnya, dalam hal ini tidak bisa langsung dimonitor sebelum selesai pengaturan.

Pada CCTV analog lebih dipilih perusahaan karena dapat memonitor langsung dari layar tabung biasa. Penggunaan perangkat tambahan seperti DVR semakin memudahkan untuk memonitor secara langsung perangkat yang sudah terpasang. Banyak dilihat penggunaan CCTV jenis ini pada layar keamanan satpam atau sebuah Mall. Hanya saja pada CCTV AHD mengharuskan memakai perangkat yang sudah menggunakan teknologi HDMI atau vga. Pada proses penyimpanan dari hasil CCTV AHD juga membutuhkan ruang yang semakin banyak karena hasil gambarnya yang berkualitas tinggi tersebut. Perbedaan CCTV AHD dan Analog memang bisa Anda lihat secara langsung dari perangkatnya.

Pada penggunaan CCTV memang semuanya memiliki konsep yang sama namun pada penerapan dan teknologinya memiliki banyak perbedaan. Anda bisa memilih CCTV yang sesuai dengan kebutuhan karena masing-masing memiliki perbedaan fungsi yang terlihat. Itulah informasi seputar definisi dan perbedaan CCTV AHD dan Analog yang bisa menjadi referensi untuk Anda gunakan memilih CCTV yang sesuai dengan kebutuhan.