Hikvision kenalkan smart CCTV drone UAV untuk sistem keamanan smart city


Smart CCTV hikvision – Pada pembukaan event CPSE kemarin pada tahun 2015, produsen sistem keamanan terkemuka Hikvision memperkenalkan sebuah produk terbaru video surveillance yang disebut smart CCTV drone UAV. Dari namanya saja sudah bisa kita kenali bahwa CCTV ini tidak akan stay di satu tempat, atau hanya bergerak panning saja, namun smart CCTV hikvision ini mampu mengawasi area sekitar dari ketinggian beberapa meter di atas permukaan.

Ditambahkannya teknologi drone atau pesawat tanpa awak ke CCTV ini dinilai cukup efisien untuk menghadapi tingkat kriminalitas di kota-kota besar yang terjadi secara random. Adapun pembuatan CCTV drone ini memang diperuntukkan bagi smart city, dengan pergerakan orang-orang yang lebih dinamis, diharapkan teknologi CCTV terbaru ini mampu memenuhi kebutuhan kota yang mengusung tema smart city.

Smart CCTV hikvision 2
Smart CCTV hikvision Drone model

Dengan bahan drone yang terbuat dari serat karbon yang kuat tapi tetap lebih ringan daripada besi atau bahan lainnya, memungkinkan quadrone (drone dengan 4 baling-baling) dapat bermanuver dengan baik. Hikvision sebagai perancang model pesawat tanpa awak ini juga mengadopsi desain modular yang dapat memberikan kecepatan terbang, hal ini memang dibutuhkan oleh semua drone mengingat fungsi dan misinya adalah untuk mengintai. Tercatat  bahwa kecepatan terbang maksimum dari smart CCTV drone ini hingga 80km/jam, dengan radius tempur 10km dan waktu terbang secara terus menerus selama 33 menit.

Berbicara tentang alat perekam pada CCTV drone ini dibekali dengan kamera 2MP dengan  zoom optik mencapai 30x dan menangkap 25 frame perdetik. Kamera juga dilengkapi dengan gimbal yang memungkinkanya untuk bergerak panning, tilt up and down dan berputar (autoflip).

Smart CCTV Hikvision yang dirancang untuk berpatroli ini juga dilengkapi oleh software yang canggih pada CPU drone. Hikvision sendiri juga bekerja sama dengan software base station untuk menciptakan prosessor pada drone tersebut. Base station menggunakan microwave nirkabel untuk mengirimkan video, ia memiliki keuntungan dari anti-gangguan, difraksi yang kuat, jarak transmisi panjang dll Teknologi ini dapat mengirimkan gambar full HD pada real time antara UAV dan base station.

Dengan hadirnya CCTV drone ini sudah memperjelas bahwa hikvision benar-benar serius dalam mengembangkan teknologi IT & security solution. Dan semoga kelak kota-kota besar di Indonesia yang mengusung tema kota pintar atau smart city dapat mengaplikasikan CCTV drone ini.