Penyebab Kerusakan CCTV dan Cara Memperbaiki CCTV yang Mati


Seperti yang diketahui, tak selamanya CCTV dapat berjalan lancar tanpa hambatan sedikitpun. Kebanyakan orang mungkin akan kebingungan saat mendapati bahwa CCTV miliknya secara tiba-tiba saja mati. Padahal, cara memperbaiki cctv mati sangatlah mudah. CCTV yang tiba-tiba saja mati bisa disebabkan oleh banyak faktor, bisa jadi gambar yang terlihat pada kamera memang loss atau tidak tampak dan bisa jadi pula CCTV tidak bisa bekerja dengan baik karena terjadi suatu gangguan. Jika memang ada masalah atau gangguan, secara otomatis kejadian yang terbilang sangat penting pun tidak akan terekam oleh kamera CCTV. Hal ini tentunya sangat merugikan, terutama jika ada kejahatan yang seharusnya bisa terekam melalui CCTV tersebut. Lantas, apa saja yang menjadi penyebab CCTV mati dan bagaimana cara untuk memperbaikinya?

Penyebab dan Cara Memperbaiki CCTV Mati

cara-memperbaiki-cctv-no-hdd-1

Cara memperbaiki cctv mati yang pertama adalah mengecek power supply. Umumnya, power supply bisa rusak karena watt listrik yang terlalu besar, konslet alur listrik atau tersambar petir. Jika memang masalah terjadi karena hal tersebut, maka yang perlu Anda lakukan adalah menggantinya dengan power supply baru. Perlu diketahui bahwa sumber listrik CCTV adalah power supply atau adaptor. Jika mati atau rusak, maka kamera CCTV tidak akan bisa menampilkan gambar dengan benar.

CCTV yang tiba-tiba mati juga bisa disebabkan karena DVR yang mengalami masalah. DVR merupakan bagian utama CCTV yang berfungsi untuk menjalankan kamera agar dapat merekam dengan baik. Jika terjadi kerusakan, maka secara otomatis semua sistem kamera CCTV tidak akan bisa berjalan. Bagian DVR ini sebenarnya jarang rusak, sebab jika ada petir maka bagian yang pertama kali rusak biasanya adalah bagian power supply nya terlebih dahulu. Cara memperbaiki cctv mati karena DVR yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Pertama, Anda matikan DVR
  • Lalu buka chasing DVR
  • Cek port power dan juga port data DVR
  • Kemudian lepas kabel yang menempel seperti kabel data dan kabel power
  • Lepaskan hardisk
  • Dinginkan hdardisk dan DVR selama 20 menit menggunakan pendingin atau kipas angin
  • Kemudian hidupkan DVR kembali tanpa memasang harddisk
  • Jika CCTV bisa menyala seperti biasanya, Anda pasang kembali hardddisk beserta dengan kabelnya ke DVR dengan benar dan rapat
  • Jangan sampai ada bagian yang longgar, sebab dapat membuat DVR tidak dapat bekerja dengan baik

Apabila setelah dinyalakan DVR tetap tidak bisa menyala, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah membawanya ke tukang service. Sebab DVR yang rusak tidak bisa dibetulkan oleh sembarang orang. Penyebab CCTV mati selanjutnya adalah port konektor yang rusak. Setelah Anda melakukan pengecekan pada power supply dan DVR, kemudian tidak ditemukan masalah apapun maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengecek kondisi Port Konektor pada DVR. Untuk mengeceknya, Anda bisa memindahkan port konektor yang rusak ke port lain yang sekiranya masih berfungsi dengan baik dan kosong.

Selain itu pastikan pula bahwa kabel power dan kabel CCTV dalam keadaan baik, tidak putus ataupun longgar. Sebab tak sedikit kabel CCTV yang rusak karena digigit tikus atau terkena air hujan. Demikian tadi merupakan beberapa penyebab dan cara memperbaiki cctv mati. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan Anda terkait dengan rusaknya CCTV.