Tips Menjaga Keamanan Lingkungan Menggunakan Kamera CCTV


Menjaga keamanan adalah sebuah kewajiban bagi setiap warga masyarakat. Tak hanya di lingkungan rumah, namun juga di lingkungan masyarakat kita perlu menjaga keamanan lingkungan. Hal mengenai keamanan lingkungan menjadi sangat penting mengingat semakin tingginya angka kriminalitas yang terjadi di tengah masyarakat. Sebagai warga masyarakat yang baik sudah sewajarnya jika anda mengambil tempat dalam upaya menjaga keamanan masyarakat.

Upaya dalam menjaga keamanan masyarakat sebenarnya sudah dilakukan sejak jaman dulu. Hampir di setiap RT biasanya terdapat sebuah sistem penjagaan keamanan yang dikenal dengan nama sistem keamanan lingkungan atau disingkat sebagai siskamling. Menjaga keamanan lingkungan dengan siskamling sebenarnya cukup efektif untuk menekan angka kriminalitas di tengah masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu banyak orang yang tidak bisa mengikuti sistem ini mengingat kegiatan yang semakin padat sehingga saat harus bertugas menjaga keamanan banyak orang yang sudah kelelahan.

Setelah siskamling dianggap kurang efektif untuk masyarakat, diubahlah sistem keamanan masyarakat dengan menggunakan seorang hansip yang bertugas untuk menjaga keamanan lingkungan setiap malam. Cara ini sangat efektif karena sang hansip biasanya hanya bekerja untuk menjadi hansip saja. Sehingga kualitas dari penjagaan yang dilakukan oleh hansip sangatlah optimal. Penjagaan yang baik ini dianggap sangat cocok untuk lingkungan perumahan modern yang semakin menjamur.

Tips menjaga keamanan lingkungan dengan menggunakan CCTV

 

Tips menjaga keamanan lingkungan 2

Meski penjagaan yang dilakukan oleh hansip sudah cukup baik dan efektif, namun hal ini masih dirasa kurang oleh warga masyarakat. Hal ini menyusul semakin tingginya angka kriminalitas bahkan di kompleks perumahan yang sudah dijaga oleh hansip. Oleh karena itu pemasangan CCTV menjadi alternatif terbaru yang dirasa sangat efektif dalam memberikan rasa aman bagi warga masyarakat. Di kompleks perumahan yang sudah terpasang CCTV, tingkat kriminalitas benar-benar turun hingga ke titik terendah. Hal ini menandakan bahwa lingkungan yang dipasang CCTV adalah lingkungan yang aman.

Meskipun membutuhkan biaya yang tak sedikit namun penggunaan CCTV akan berdampak sangat baik bagi keamanan lingkungan. Pekerjaan para hansip pun menjadi lebih ringan dan bisa lebih optimal untuk mengawasi di titik-titik rawan tindak kriminal saja. Pencurian sepeda motor adalah salah satu tindakan kriminal yang paling sering terjadi di tengah masyarakat perumahan. Dengan terpasangnya CCTV di berbagai sudut perumahan maka tindak kriminal semacam ini pun dapat dicegah. Dan jika terjadi tindak kriminal pihak kepolisian akan lebih mudah dalam mengusutnya.

Tak hanya lingkungan perumahan saja yang harus dipasang CCTV, namun tempat-tempat seperti rumah pribadi juga perlu dipasang CCTV demi terjaminnya keamanan lingkungan warga. Setidaknya dalam setiap rumah harus memasang satu kamera CCTV untuk tetap menjaga keamanan lingkungan menjadi lebih baik lagi. Tips menjaga keamanan lingkungan ini jika dilaksanakan dengan baik oleh segenap warga masyarakat maka keamanan lingkungan akan terjamin dengan baik.

Untuk pemasangan sebuah CCTV di setiap rumah biasanya dikenakan biaya kurang lebih Rp 2 juta. Jika ingin program ini berjalan sukses maka ada baiknya setiap ketua RT untuk melakukan koordinasi dengan warga mengenai pembiayaan CCTV ini. Untuk meringankan beban warga maka menabung setiap bulan akan menjadi pilihan yang paling bijak. Dengan mengumpulkan iuran bulanan maka hanya dalam waktu satu tahun pemasangan CCTV di setiap rumah bisa terlaksana dengan baik. Jika lingkungan aman, kita sendiri kan yang nyaman?