Tutorial Instalasi CCTV online/IP Camera ke DVR


Salah satu tanda perkembangan teknologi adalah terciptanya produk yang memudahkan aktifitas manusia. Hal ini terlihat munculnya teknologi CCTV yang mampu membantu manusia dalan memantau kondisi suatu tempat tanpa harus berada di tempat tersebut. teknologi ini telah berkembang menjadi digital. Kondisi ini yang memunculkan teknologi CCTV online yang lebih tepat guna dengan proses instalasi CCTV online yang mudah dan cepat.

Teknologi CCTV ini membantu anda dalam mengurangi tindak krimininal berupa pencurian dan perampokan. Teknologi CCTV ini mampu merekam 24 jam non stop dengan menghubungkan kamera CCTV ke DVR ( digital video recorder). Anda bisa secara langsung melihat rekamannya melalui monitor atau PC anda. Selain itu anda juga dapat menghubungkan CCTV dengan jaringan internet. Teknologi ini dikenal sebagai CCTV online, yaitu melalui kamera CCTV atau IP camera ke DVR.

Proses pemasangan IP camera ke DVR tidak jauh berbeda ketika melakukan instalasi pada kamera CCTV dengan DVR secara manual. Namun bedanya anda harus settting internet protocol terlebih dahulu agar IP camera anda terhubung dengan jaringan internet. Berikut ini tutorial instalasi CCTV online IP camera ke DVR, antara lain:

1. Hubungkan IP camera dengan PC atau laptop

Langkah utama dalam melakukan instalasi CCTV online adalah anda terlebih dahulu harus menghubungkan IP camera dengan PC atau laptop anda. IP camera anda harus dianyaalakan. Dimana kabel penghubung antara IP camera dengan PC atau laptop berupa kabel cross V.

2. Atur IP addresss PC atau Laptop anda

Untuk terhubung dengan internet maka anda harus mampu mengatur IP address PC atau laptop anda. Dimana IP address PC atau laptop anda haurs sesuai dengan sesuai dengan segmen IP address camerea yang akan anda setting. Sebagai conoh: IP camera anda tertulis 192.168.1.97 maka anda wajib menulis IP address pada laptop atau PC anda dengan mennuliskan 192.168.1.2. Pada PC atau laptop anda kik menu start lalau pilih control panel lalau pilih network dan sharing partner dan selanjutnya pilih view network status and task.

3. Instal dan jalankan software IP instaler

Langkah selanjutnya instalasi CCTV online yaitu anda harus menginstal software IP instaler. Dimana setiap IP camera pasti memiliki software bawaan yang berfungsi untuk mendeteksi IP address kamera secara otomatis dan dapat pula diubah secara manual. Pada software bawaan IP camera di setting dengan mode DHCP sehingga memerlukan modem atau router ADSL).

Oleh sebab itu saat IP camera dihubungkan secara langsung ke PC atau laptop maka IP address camera akan terisi secara acak sehingga IP instaler akan secara otomatis mendeteksinya. Untuk mengecek IP camera sudah siap digunakaan yaitu buka browser, lalu klik tool pilih internet option. Selanjutnya klik tab security pilih custom level. Pada sub menu AktiveX controls and plugin, pilih enable semua option. Kemudian klik OK 2x ( jika anda peringatan abaikan saja). Pada address bar maka anda harus mengisi IP address camera yaitu 192.168.1.97.

4. Pemasangan kamera di lokasi

Langkah terakhir instalasi CCTV online yaitu pemasangan kamera di lokasi. Pasang kabel dari IP camera ke hub atau switch yang telah terhubung dengan DVR. DVR ( digital video recorder) ini berfungsi untuk merekam gambar dari IP camera.

Demikian penjelasan terkait tutorial instalasi CCTV online/IP camera ke DVR. Bagi anda yang berencana untuk memasang atau menginstalasi teknologi CCTV maka anda dapat menghubungi kami. Kami dari jakartaCCTV akan membantu anda dalam menyediakan CCTV beserta proses instalasi. Anda dapat menghubungi kami dengan mengunjungi situs resmi kami disini www.jakartacctv.co.id.